Sosialisasi e-Kinerja dan Pelayanan Prima di Puskesmas Grabag oleh BKPSDM Kabupaten Purworejo

By Puskesmas Grabag 13 Jun 2025, 08:27:02 WIB Kegiatan Rutin
Sosialisasi e-Kinerja dan Pelayanan Prima di Puskesmas Grabag oleh BKPSDM Kabupaten Purworejo

Sosialisasi e-Kinerja dan Pelayanan Prima di Puskesmas Grabag oleh BKPSDM Kabupaten Purworejo


Grabag, Purworejo –Hari Kamis, 12 Juni 2025  Puskesmas Grabag mengadakan kegiatan rutin mini lokakarya bulanan. Pada kesempatan kali ini mengundang narasumber dari BKPSDM. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan efektivitas kinerja pegawai, Puskesmas Grabag menyelenggarakan kegiatan sosialisasi e-Kinerja dan pelayanan prima, bekerja sama dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purworejo, pada hari Kamis, 12 Juni 2025 bersamaan dengan kegiatan rutin Puskesmas Grabag Lokakarya Mini Bulanan.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh karyawan di lingkungan Puskesmas Grabag, dengan menghadirkan narasumber langsung dari BKPSDM Kabupaten Purworejo. Acara dibuka oleh Kepala Puskesmas Grabag, yang menyampaikan pentingnya peningkatan kapasitas aparatur dalam mendukung pelayanan kesehatan masyarakat yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada mutu.

Sesi pertama difokuskan pada penjelasan sistem e-Kinerja, yaitu aplikasi berbasis digital yang digunakan untuk memantau dan menilai kinerja ASN secara real-time. Narasumber dari BKPSDM Ibu Rika Rimadhanti, Amd menjelaskan fitur-fitur utama dalam aplikasi e-Kinerja, termasuk cara pengisian SKP (Sasaran Kinerja Pegawai), Bagaimana jika SKP berubah di pertengahan tahun, pelaporan kegiatan harian, serta evaluasi kinerja secara berkala.

Tujuan dari sistem ini adalah menciptakan budaya kerja yang lebih profesional dan terukur di kalangan ASN. Diharapkan dengan penerapan e-Kinerja, proses penilaian kinerja pegawai menjadi lebih objektif dan transparan.Ibu Rika menghimbau agar seluruh karyawan disiplin dalam pengisian e-kinerja karena hal tersebut mencerminkan sikap tertib administrasi ASN.

Sesi berikutnya mengangkat tema pelayanan prima atau excellent service sebagai kunci keberhasilan Puskesmas dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Sesi ini disampaikan oleh Ibu Kusnaeni,S.Pd,M.Pd dari BKPSDM. Materi yang disampaikan mencakup sikap dan etika pelayanan, komunikasi efektif dengan pasien, serta pentingnya empati dan keramahan dalam pelayanan kesehatan.

Pada akhir kegiatan seluruh karyawan Puskesmas Grabag diharapkan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dan diimplementasikan dalam tugas sehari-hari. Narasumber dari BKPSDM sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap adanya sosialisasi bidang lain maupun pelatihan lanjutan guna memperdalam materi yang telah disampaikan.Kegiatan semacam ini juga dapat menambah nilai pengembangan kompetensi ( Bangkom).

Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam Pembangunan Zona Integritas di Puskesmas Grabag yang mendukung reformasi birokrasi, khususnya di bidang pelayanan publik, serta sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Grabag dan sekitarnya.( ANC)





Counter Pengunjung